Kamis, 22 November 2012

Pengertian Geografi


Eratosthenes yang hidup 200 tahun Sebelum Masehi dianggap sebagai orang pertama yang meletakkan dasar pengetahuan tentang bumi. Ia membuat karya tulis sebanyak 3 jilid yang diberi judul Geographein. Di dalam buku tersebut, ia menguraikan antara lain tentang perubahan-perubahan daratan, lautan, gejala-gejala alam di lautan, benda-benda langit berikut jaring-jaring derajat astronomi.

Istilah geografi untuk pertama kalinya diperkenalkan oleh ERASTOTHENES. Pada masa itu, geografi hanya didominasi oleh cerita-cerita tentang perjalanan dari berbagai penjuru dunia (Logografi). Menurut Erastothenes, geografi berasal dari kata geographyca (bahasa Yunani). Geoartinya bumi dan Graphein artinya tulisan, uraian, lukisan atau deskripsi (pemerian). Jadi, geografi merupakan ilmu pengetahuan yang menuliskan, menguraikan, atau mendeskripsikan hal-hal yang berhubungan dengan bumi. Berdasarkan pendapat tersebut, maka para ahli geografi (geograf) sependapat bahwa Erastothenes dianggap sebagai peletak dasar pengetahuan geografi.

Istilah geografi juga dikenal dalam berbagai bahasa, seperti geography (Inggris), geographie (Prancis), die geographie/die erdkunde (Jerman), geografie/ aardrijkskunde (Belanda), dan geographike (Yunani).

Pada abad ke-2 SM, seorang ahli astronomi Alexandria, CLAUDIUS PTOLEMEUS, membuat sebuah buku mengenai geografi Yunani dan Romawi. Menurut Ptolemeus, geografi merupakan suatu penyajian sebagian atau seluruh permukaan bumi. Dalam karyanya yang berjudul GEOGRAPHIKE SYNTAXIS, ia mengajukan metode baru dalam pembuatan peta, termasuk proyeksi dan pembuatan atlas. Atlas yang dibuat oleh Ptolemeus disebut ATLAS PTOLEMEUS.

Ahli geografi dari Jerman, Bernhardus Varenius, di karyanya yang berjudul GEOGRAPHIA GENERALIS membagi geografi menjadi tiga, yaitu: 1. GEOGRAFI ABSOLUT, 2. GEOGRAFI RELATIF, dan 3. GEOGRAFI KOMPARATIF.
GEOGRAFI ABSOLUT mengkaji berbagai fakta matematika yang berkaitan dengan bumi dan keberadaannya, bentuk, dimensi, gerakan, ukuran, dan berbagai fakta lainnya. GEOGRAFI RELATIF mengkaji, antara lain pengaruh matahari dan bintang, iklim, perbedaan waktu di berbagai tempat, dan variasi panjang hari. GEOGRAFI KOMPARATIF mengkaji, antara lain pembagian muka bumi, letakrelatif suatu tempat, pembuatan peta dan globe, dan navigasi.

Menjelang akhir abad ke-18, perkembangan geografi semakin pesat. Pada masa ini berkembang aliran fisis determinis dengan tokohnya yaitu seorang geograf terkenal dari USA yaitu ELLSWORTH HUNTHINGTON. Melalui bukunya yang berjudul THE PULSE OF THE EARTH, Huntington memaparkan bahwa kelangsungan hidup dan peradaban manusia sangat dipengaruhi oleh iklim. Ia mengatakan geografi sebagai studi tentang fenomena permukaan bumi beserta penduduk yang menghuninya.

Di Perancis faham posibilis terkenal dengan tokoh geografnya yaitu PAUL VIDAL DE LA BLACHE, sumbangannya yang terkenal adalah “GEN RE DE VIE” atau Mode of Live (cara hidup). Dalam konsep ini diartikan bahwa geografi merupakan ilmu yang mempelajari tentang proses produksi dilakukan manusia terhadap kemungkinan yang ditawarkan oleh alam. Perbedaan kedua faham tersebut, kalau fisis determinis memandang manusia sebagai figur yang pasif sehingga hidupnya dipengaruhi oleh alam sekitarnya. Sedangkan posibilisme memandang manusia sebagai makhluk yang aktif, yang dapat membudidayakan alam untuk menunjang hidupnya.

Setiap manusia memiliki pendapat masing-masing tentang berbagai hal dalam kehidupannya. Demikian pula dengan definisi atau pengertian geografi. Berikut ini disajikan beberapa definisi yang akan saling melengkapi dan dengan demikian diharapkan dapat menyingkap inti masalah atau pokok kajian geografi.

-- PRESTON E JAMES berpendapat bahwa, “Geografi dapat diungkapkan sebagai induk dari segala ilmu pengetahuan” karena banyak bidang ilmu pengetahuan selalu mulai dari keadaan muka bumi untuk beralih pada studinya masing-masing --
-- “Geografi adalah interaksi antar ruang”. Definisi ini dikemukakan oleh ULLMAN (1954), dalam bukunya yang berjudul GEOGRAPHY A SPATIAL INTERACTION --
-- Objek studi geografi adalah kelompok manusia dan organisasinya di muka bumi. Definisi ini dikemukakan oleh MAURICE LE LANNOU (1959). Ia mengemukakan dalam bukunya yang berjudul LA GEOGRAPHIE HUMAINE --
-- PAUL CLAVAL (1976) berpendapat bahwa ‘Geografi selalu ingin menjelaskan gejala gejala dari segi hubungan keruangan’ --
-- Geografi adalah ilmu yang objek studinya meliputi benda-benda dan hal-hal atau gejala-gejala yang tersebar di wilayah permukaan bumi (IMMANUEL KANT, dalam Physische Geographie).
-- Geografi mempelajari hubungan kausal gejala-gejala di muka bumi dan peristiwa-peristiwa yang terjadi di muka bumi, baik yang disikal maupun yang menyangkut makhluk hidup beserta permasalahannya, melalui pendekatan keruangan, ekologikal, dan regional untuk kepentingan program, proses, dan keberhasilan pembangunan (BINTARTO, 1984) --
-- Geografi merupakan ilmu pengetahuan yang mengajarkan spasal (ruang), ekologi, dan region (wilayah). Dalam hal spasial, geografi mempelajari persebaran gejala baik yang alami maupun yang manusiawi di muka bumi. Dala hal ekologi, geografi mempelajari cara manusia beradaptasi dengan lingkungannya. Dalam hal region, geografi mempelajari wilayah sebagai tempat tinggal manusia berdasarkan kesatuan fisiografisnya (DJALJOENI, 1996) --
-- Geografi adalah ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kewilayahan dan kelingkungan dalam konteks keruangan (hasil Seminar dan Lokakarya IKATAN GEOGRAF INDONESIA, di Semarang tahun 1988) --

Kalau kita perhatikan beberapa definisi/pengertian dan sejarah perkembangan dari geografi tersebut, ternyata pengertian geografi selalu mengalami perkembangan. Namun kalau kita kaji lebih jauh, di antara pandangan para ahli tersebut tampak ada kesamaan titik pandang. Kesamaan titik pandang tersebut adalah mengkaji:
1. Bumi sebagai tempat tinggal;
2. Hubungan manusia dengan lingkungannya (interaksi);
3. Dimensi ruang dan dimensi historis; dan
4. Pendekatannya: spasial (keruangan), ekologi (kelingkungan) dan regional (kewilayahan).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar