Kamis, 22 November 2012

Bulan Kesiangan


Beberapa hari ini (saat bulan sedang purnama/tengah bulan pada kalender kamariah), jika menengok ke langit pagi kita mungkin akan melihat bulan masih terlihat enggan kembali ke peraduannya. Meski tidak memancarkan (memantulkan cahaya matahari, tepatnya) warna kekuningan, tetap saja bulan terlihat indah untuk dipandang.
Umumnya, kedudukan bulan-bumi-matahari menyebabkan bulan selalu terlihat dari bagian bumi yang sedang mengalami malam hari. Namun, adakalanya kedudukan bulan-bumi-matahari berubah sedemikian rupa, sehingga bulan bisa terlihat dari bagian bumi yang sedang mengalami siang hari. Fenomena ini sering disebut dengan istilah 'Bulan Kesiangan'.

Di saat seperti ini, meskipun terlihat pucat dan tipis, tetapi bulan tidak sepenuhnya tertelan oleh cahaya matahari. Ini dikarenakan kedudukan bulan masih cukup dekat (dengan bumi) untuk bisa terlihat meskipun agak samar.

Fenomena ini cukup sering bisa kita nikmati. Tapi tetap saja jika kita menyempatkan diri untuk sejenak memandanginya, seperti sebuah kenikmatan yang menyejukkan. Allah memang Maha Besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar