Rabu, 06 Februari 2013

Pengertian Iklim dan Cuaca


Pengertian Iklim, Pengertian Cuaca

Dalam pelajaran disekolah kita mengenal istilah pengertian cuaca dan juga pengertian iklim, dimana antara cuaca dengan iklim seprtinya masih saling berkaitan. Di Indonesia sendiri merupakan wilayah dengan iklim tropis yang identik dengan cuaca yang panas meskipun dimusim hujan.

Pengertian iklim: Yang dimaksud iklim adalah suatu keadaan dalam jangka panjang yang menggambarkan kondisi cuaca suatu wilayah. Dalam bidang meteorologi perubahan ilim yang terjadi dipelajari secara detail.

Perbedaan iklim di bumi sangat dipengaruhi oleh letak matahari terhadap bumi, sehingga ada beberapa klasifikasi iklim di bumi yang didasari atas letak geografis bumi. Secara luas dapat kita ketahui beberapa iklim di antaranya iklim tropis, lintang menengah, dan juga lintang tinggi.


Pengertian cuaca: Sedangkan cuaca adalah suatu fenomena atau perubahan yang terjadi di wilayah tertentu yang menunjukkan adanya perubahan aktifitas alam seperti hujan, panas matahari, atau mendung. Kurun waktu dalam memperkirakan perubahan cuaca ini lebih pendek daripada penentuan iklim.

Adanya perbedaan cuaca antara satu tempat dengan tempat lainnya disebabkan oleh perbedaan kelembaban udara serta suhu di tempat tersebut. Hal ini bisa terjadi karena sudut pemanasan matahari di satu tempat dengan tempat lain tidak sama.


Perubahan cuaca maupun iklim di bumi dapat berpengaruh pada setiap makhluk hidup yang ada di dalamnya, termasuk karakteristik serta jenisnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar